Puasa Ramadhan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tangkal Virus

Kamis, 30 April 2020 - 07:34 WIB
Dr Malik juga membantah jika puasa dapat memperlemah daya tahan tubuh. Namun, dia mewanti-wanti agar umat muslim mengonsumsi air putih yang cukup selama sahur untuk menghindari dehidrasi. Dia juga cemas masyarakat yang terinfeksi Covid-19 akan jatuh sakit sangat cepat dan kekurangan cairan tubuh.

Sejauh ini, Dr Malik mengatakan tidak ada bukti kuat yang menyatakan daya tahan tubuh menguat selama berpuasa. Sebab, sebagian besar studi puasa didasarkan pada observasi, bukan penelitian mendalam. Namun, kata Dr Malik, beberapa orang mengalami kenaikan tekanan darah dan berat badan.

Sebagian besar umat muslim di dunia tidak hanya berpuasa, tapi juga bekerja. Mohd. Fazli Abd Rahman, warga Malaysia, mengaku tak mengalami kendala apa pun selama membersihkan trotoar di sepanjang Penang Road. Hujan deras selama semalaman dan udara yang sejuk pada pagi membuatnya tetap semangat.

“Mereka tampak energik. Mereka mulai bekerja pukul 06.30 sampai pukul 11.30,” kata Wakil Direktur MBPP Urban Service Xavier Sebastian, dilansir The Star. “Kualitas pekerjaan mereka tetap bagus dan tidak ada laporan miring dari lapangan. Saya salut kepada mereka yang tetap menjalankan perintah agama.” (Muh Shamil)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More