5 Rudal Andalan Korut, Salah Satunya Rudal Balistik Antarbenua Terbesar di Dunia

Selasa, 05 September 2023 - 14:05 WIB
Hwasong-17, salah satu dari lima rudal andalan Korea Utara. Foto/KCNA via REUTERS
JAKARTA - Korea Utara (Korut) dikenal sebagai negara yang kerap memamerkan teknologi militernya, terutama rudal untuk membawa hulu ledak nuklir.

Misalnya, pada Oktober 2022, negara yang dipimpin Kim Jong-un ini menguji tembak rudal jarak menengah Hwasong-12 hingga melewati wilayah Jepang. Manuver ini telah dikecam negara-negara Barat sekutu Jepang.

Korut berdalih mengembangkan rudal dan senjata nuklir adalah haknya sebagai negara untuk melindungi diri dari invasi asing.

Negara ini juga merasa keberadaannya terancam oleh Amerika Serikat (AS), yang oleh Pyongyang disebut menerapkan kebijakan bermusuhan dan kerap menggelar latihan perang gabungan untuk tujuan invasi.

5 Rudal Andalan Militer Korea Utara



1. BM-25 Musudan



Dilansir dari laman Missile Threat, BM-25 Musudan atau Hwasong-10 merupakan rudal balistik jarak menengah. Senjata ini diperkirakan memiliki jangkauan 2.500–4.000 km dengan muatan hulu ledak 500–1.200 kg.



Rudal sepanjang 12 meter ini kemungkinan dikembangkan dari rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam Soviet R-27. Korea Utara mulai mengembangkan rudal Musudan pada 1992. Senjata ini mulai memasuki layanan tempur pada 2003.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More