6 Fakta Kesepakatan dalam KTT AS, Korea Selatan, dan Jepang, Salah Satunya Siap Berperang Melawan China

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 20:12 WIB
KTT di Camp David antara AS, Jepang dan Korea Selatan menyatukan persepsi melawan China. Foto/Reuters
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pemimpin Korea Selatan dan Jepang sepakat di Camp David untuk memperkuat kerja sama militer dan ekonomi dan membuat kecaman bersama yang paling keras terhadap "perilaku berbahaya dan agresif" oleh China di Laut China Selatan.

Pemerintahan Biden mengadakan pertemuan puncak dengan para pemimpin sekutu utama AS di Asia, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dalam upaya untuk memproyeksikan persatuan dalam menghadapi meningkatnya kekuatan China dan ancaman nuklir dari Korea Utara.

Berikut adalah 6 kesepakatan penting dalam konferensi AS, Jepang, dan Korea Selatan di Camp David.

1. Gelar Latihan Perang Setiap Tahun



Foto/Reuters

Dalam pernyataan puncak, ketiga negara berkomitmen untuk segera berkonsultasi satu sama lain selama krisis dan mengoordinasikan tanggapan terhadap tantangan, provokasi, dan ancaman regional yang memengaruhi kepentingan bersama.



Mereka juga sepakat untuk mengadakan latihan militer setiap tahun dan berbagi informasi waktu nyata tentang peluncuran rudal Korea Utara pada akhir tahun 2023. Kedua negara berjanji untuk mengadakan pertemuan puncak trilateral setiap tahun.



2. Melupakan Sejarah Buruk Masa Lalu



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More