Drone Laut Ukraina Hantam Kapal Angkatan Laut Rusia

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 00:29 WIB
Faktanya, Ukraina telah menggunakan drone ini untuk menyerang kapal Rusia sejak tahun lalu.

Kapal-kapal tersebut mewakili tahap baru dalam evolusi peperangan laut, di mana kapal kecil tanpa awak dapat menimbulkan kerusakan pada kapal besar dengan persenjataan yang kuat.

Ini bukan pertama kalinya Ukraina mencoba menyerang pelabuhan Novorossiysk, dan alasannya jelas. Sekitar 1,8 juta barel minyak diekspor dari sana setiap hari - sekitar 2% dari pasokan global.

Pelabuhan itu juga merupakan pangkalan angkatan laut yang penting bagi Moskow.

Bentrokan di laut telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, setelah Rusia membatalkan kesepakatan PBB yang memungkinkan biji-bijian diekspor dengan aman antara Rusia dan Ukraina melintasi perairan.

Pelabuhan Ukraina telah dihantam oleh pesawat tak berawak Rusia dan Kiev tampaknya sangat ingin memberikan respons.

Ukraina juga lebih bersedia untuk mengakui serangan yang melibatkan drone laut daripada serangan yang terlihat lebih jauh di dalam Rusia.

Insiden hari Jumat menunjukkan "mungkin untuk secara efektif melakukan beberapa operasi yang akan mengurangi pengaruh maritim Rusia, pengaruh militer di Laut Hitam," kata penasihat Presiden Zelensky Mykhaylo Podolyak kepada BBC.

Presiden Zelensky telah memperingatkan perang "datang ke Rusia", meskipun menyarankan pertemuan puncak perdamaian bisa terjadi "sedini musim gugur".

Tidak ada pihak yang tampak terlalu tertarik untuk mengatur kondisi untuk itu.

Awal pekan ini, Rusia menyerang pelabuhan besar Odesa dan Chornomorsk di Laut Hitam, di mana pihak berwenang mengatakan 60.000 ton biji-bijian dihancurkan, serta pelabuhan di Sungai Danube.



Secara terpisah pada hari Jumat, Rusia juga mengatakan telah menjatuhkan 10 drone udara Ukraina di Crimea.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More