4 Perbedaan Qatar dengan Dubai

Jum'at, 21 Juli 2023 - 15:16 WIB
Sama-sama berada di wilayah Teluk, Dubai dan Qatar memiliki perbedaan yang signifikan. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Wilayah Teluk berkontribusi pada sebagian besar ekonomi dan PDB dunia. Kawasan Teluk sendiri terdiri dari 7 negara Arab yaitu Arab Saudi, Irak, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA)

Semua negara ini memiliki minyak yang menjadi sumber daya utama mereka dan sangat maju karena investasi serta infrastruktur asing.

Dubai dan Qatar adalah sama terletak di Kawasan Teluk. Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan karena kedekatan geografis dan budaya regional, mereka juga memiliki perbedaan signifikan dalam berbagai aspek. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan utama antara Dubai dan Qatar yang dinukil dari sejumlah sumber.

Perbedaan Qatar dan Dubai

1. Letak Geografis



Dubai adalah salah satu kota di Uni Emirat Arab (UEA) yang terkenal dengan pusat perbelanjaan mewah dan arsitektur futuristiknya. Kota dengan populasi 3 juta jiwa yang terletak di pesisir Teluk Persia ini bukanlah Ibu Kota UEA. Ibu Kota UEA adalah Abu Dhabi



Di sisi lain, Qatar adalah sebuah negara di kawasan Teluk dengan populasi lebih dari 2 juta yang berbatasan dengan UEA di sebelah utara, dan Arab Saudi di sebelah selatan dengan Doha sebagai Ibu Kotanya.

2. Sumber Pendapatan



Sumber pendapatan utama Dubai adalah pariwisata, usaha real estat, konstruksi, minyak bumi, gas alam, dll. Sedangkan Qatar, minyak dan gas alam adalah sumber daya utama negara dan ekonomi sangat bergantung padanya.

3. Pembangunan dan Infrastruktur

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More