12 Fakta Unik Greenland, Salah Satunya Terdapat Hiu yang Bertahan Hidup hingga 400 Tahun

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:15 WIB

9. Greenland sudah merasakan dampak perubahan iklim

Gletser Islandia adalah salah satu tempat paling jelas di dunia untuk melihat dampak perubahan iklim. "Semakin besar mereka, semakin cepat mereka meleleh," adalah keputusan tegas dari sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini.

Sejak 2003, lapisan es Greenland timur laut yang luas telah kehilangan lebih dari 10 miliar ton es setiap tahun, menurut sebuah penelitian baru-baru ini. Jika benar-benar mencair, para ilmuwan memperkirakan kenaikan permukaan laut global hingga 23 kaki.

10. Ada tiga situs Warisan Dunia UNESCO

Ilulissat Icefjord sepanjang 38 mil di Greenland dialiri oleh gletser yang bergerak paling cepat di dunia dan sering dipenuhi dengan gunung es.

Aktivitas melahirkan secara dramatis telah membantu para ilmuwan untuk lebih memahami perubahan iklim dan dampaknya terhadap gletser.

Selama bertahun-tahun, Icefjord adalah satu-satunya situs Greenland dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, tetapi dua penambahan baru-baru ini telah menyoroti keragaman lingkungan dan budaya Greenland.

Kujataa di Greenland Selatan masuk dalam daftar karena budaya pertaniannya yang luar biasa baik pada zaman Norse maupun Inuit, sedangkan tempat berburu Inuit yang luas, Aasivissuit-Nipisat, adalah lanskap bebas es terbesar di pulau itu.

11. Reruntuhan Gereja Hvalsey berusia sekitar 700 tahun

Reruntuhan batu gereja Hvalsey adalah reruntuhan Norse yang paling terpelihara di Greenland.

Diyakini dibangun pada awal abad ke-14, temuan arkeologi menunjukkan bahwa gereja yang lebih tua juga berdiri di Greenland.

Daerah tersebut telah memiliki kehadiran manusia terus menerus selama ribuan tahun. Menurut saga Norse, Hvalsey (sekarang Qaqortoq) diklaim oleh kerabat Erik si Merah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More