12 Fakta Unik Greenland, Salah Satunya Terdapat Hiu yang Bertahan Hidup hingga 400 Tahun

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:15 WIB
Namun, tanah Greenland sebenarnya adalah bagian dari Amerika Utara. Pulau itu terletak di tepi timur lempeng tektonik Amerika Utara. Meskipun demikian, Greenland dianggap sebagai negara Nordik.

6. Bahasa Greenland terkait erat dengan bahasa Inuit di Kanada



Foto/Reuters

Bahasa Greenland adalah bahasa menarik yang menjadi misteri bagi sebagian besar pengunjung. Ini adalah bahasa Eskimo–Aleut yang paling banyak digunakan, tetapi hanya memiliki 56.000 penutur. Namun, penduduk Greenland juga berbicara bahasa Denmark dan sebagian besar berbicara setidaknya sedikit bahasa Inggris.

7. Beberapa kata Greenland telah diadopsi ke dalam bahasa Inggris

Terlepas dari keunikan bahasanya, beberapa kata Greenland berhasil masuk ke dalam bahasa Inggris. Yang paling menonjol adalah "kayak" dan "igloo".

Ada juga kata pinjaman utama dari bahasa Inggris dan bahasa Denmark yang digunakan sehari-hari oleh penutur bahasa Greenland.

8. Orang Greenland memiliki budaya yang unik

Terlepas dari ikatan yang kuat dengan Denmark, budaya Greenland sangat berbeda dari Skandinavia. Namun, budaya Inuit tradisional akhir-akhir ini diresapi dengan pengaruh modern karena pariwisata dan internet.

Ini paling jelas terlihat di ibu kota Nuuk, rumah bagi sekitar 25% populasi Greenland. Rumah kayu tradisional bercat cerah berdiri berdampingan dengan gedung perkantoran modern dan pusat perbelanjaan yang tidak akan terlihat aneh di Kopenhagen.

Beberapa aspek budaya seperti perburuan paus dan anjing laut sering tidak disukai secara internasional, tetapi itu adalah kebiasaan yang telah dilakukan selama berabad-abad.

Namun, waktu terus berubah. Ekspor daging paus dan anjing laut dilarang, sementara spesies tertentu termasuk paus biru dilindungi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More