Bos Wagner dan Para Komandannya Berjanji Setia kepada Putin

Senin, 10 Juli 2023 - 23:27 WIB
Bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin dan para komandannya berjanji setia kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Kolase/Sindonews
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan bos kelompok tentara bayaran Wagner , Yevgeny Prigozhin , bertatap muka untuk melakukan pembicaraan panjang. Itu terjadi hanya beberapa hari setelah pemberontakan yang gagal kelompok tentara bayaran itu pada bulan lalu.

Dilaporkan TASS, juru bicara Kremlin Dmitri S. Peskov mengatakan Putin, Prigozhin, dan komandan Wagner lainnya bertemu selama tiga jam di Kremlin pada 29 Juni. Pada saat itu, sebuah kesepakatan telah ditengahi agar pasukan Prigozhin dan Wagner diasingkan ke Belarusia untuk menghindari penuntutan.

Para pihak bertemu hanya lima hari setelah pemberontakan Wagner yang singkat namun bersenjata melawan kepemimpinan militer Rusia pada 24 Juni, yang hampir berakhir dengan pawai di Moskow.





Peskov mengatakan bahwa selama pertemuan tersebut, Putin memberikan penilaiannya atas tindakan Wagner di garis depan selama operasi militer khusus dan peristiwa 24 Juni, sambil juga mendengarkan penjelasan Wagner atas pemberontakan tersebut.

Kemudian, kata Peskov, Putin menawarkan komandan Wagner pilihan lebih lanjut untuk pekerjaan dan penggunaan lebih lanjut dalam pertempuran. Sementara Wagner, termasuk Prigozhin, berjanji setia kepada Putin.

"Mereka menekankan bahwa mereka adalah pendukung setia dan tentara kepala negara serta panglima tertinggi, dan juga mengatakan bahwa mereka siap untuk terus berjuang demi Tanah Air," kata Peskov seperti dikutip dari Insider, Senin (10/7/2023).



Prigozhin cukup sulit dijabarkan sejak pemberontakan Wagner, yang konon diasingkan ke Belarusia tetapi baru-baru ini muncul di St. Petersburg pada minggu lalu. Dia bahkan mungkin belum pernah berada di Belarusia sama sekali, alih-alih menggunakan tubuh ganda.

Tidak jelas seperti apa masa depan militer Rusia dan peran Wagner di Ukraina. Pengumuman Kremlin tentang pertemuan ini datang ketika para analis dan kritikus menduga cengkeraman kekuasaan Putin mungkin melemah.

Presiden Rusia itu telah memerintah dengan tangan besi selama 20 tahun, tetapi kesalahannya di Ukraina dan pertikaian antara Wagner serta pimpinan militer Rusia telah menimbulkan pertanyaan tentang stabilitas posisinya.

(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More