Dari Menyembelih Unta hingga Haji, Tradisi Idul Adha di Arab Saudi

Kamis, 29 Juni 2023 - 05:46 WIB
Dari menyembelih unta hingga haji, tradisi Idul Adha di Arab Saudi. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Arab Saudi telah menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada Rabu (28/6/2023). Ini berbeda dengan Indonesia yang menetapkan bahwa hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis (29/6/2023).

Meski begitu, perbedaan ini tidak menghilangkan kekhusuyukan umat Islam untuk merayakan hari raya yang identik dengan penyembelihan hewan kurban itu.

Sama seperti di Indonesia, Arab Saudi juga mempunyai tradisi dalam merayakan hari raya Idul Adha. Berikut adalah sejumlah tradisi Idul Adha di Arab Saudi yang dilansir dari sejumlah sumber.

1. Menyembelih Unta



Foto: asergeev



Seperti ditulis di atas, hari raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Sama seperti di Indonesia, sejumlah keluarga di Arab Saudi juga menyembelih hewan kurban seperti kambing, domba atau sapi. Namun, ada juga sebagian yang menjadikan unta sebagai hewan kurban.

Daging hewan kurban tersebut kemudian dibagi menjadi tiga bagian dan dibagikan kepada keluarga, teman dan tetangga serta orang-orang yang kurang mampu.

2. Pembagian hewan kurban lintas negara



Dalam penyaluran daging hewan kurban, Arab Saudi tidak hanya membagikannya kepada mereka yang tidak mampu di dalam negeri tetapi juga menyalurkannya ke sejumlah negara tetangga.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More