Profil Karen Armstrong, Feminis Irlandia Penulis 3 Buku Tentang Islam dan Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 09 Juni 2023 - 17:03 WIB
Karen Armstrong. Foto/Qantara
JAKARTA - Sosok Karen Amstrong hingga saat ini masih menjadi salah satu penulis atau pengarang buku yang dikenal masyarakat dunia. Sejumlah cendekiawan dan kritikus dunia pun memuji buku-buku tentang studi agama yang ditulisnya.

Salah satu karyanya yang banyak mengacungi jempol adalah 3 buku tentang Islam dan Nabi Muhammad. Kepiawaiannya dalam menulis terutama tentang sejarah, budaya dan agama membuat sebagian besar bukunya mudah dibaca dan diterima oleh masyarakat umum.

Profil Karen Armstrong



Karen Armstrong lahir pada 14 November 1944 di Wildmoor, Worcestershire, Inggris. Dirinya merupakan keturunan Irlandia yang berpindah pindah, setelah kelahirannya ia berpindah dari Bromsgrove dan kemudian ke Birmingham.

Pada tahun 1962 atau di usianya yang menginjak 17 tahun, Karen mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Sisters of the Holy Child Jesus atau sebuah lembaga pengajar. Di lembaga tersebut dirinya bertahan selama tujuh tahun.



Dikutip dari laman publicpeople, usai dirinya lulus dalam tingkatan ordonya itu, Karen kemudian dikirim ke Universitas Oxford untuk melanjutkan studinya. Disana dirinya belajar tentang pendidikan bahasa Inggris.

Setelah menyelesaikan gelarnya, Karen mengambil pekerjaan mengajar bahasa Inggris di James Allen's Girls' School di Dulwich sambil mengerjakan memoar pengalaman biaranya.

Sementara itu, Karen juga berusaha untuk kembali melanjutkan pendidikannya di Oxford. Namun setelah tesisnya ditolak oleh penguji, dia meninggalkan Oxford tanpa menyelesaikan gelar doktornya.

Disisi lain ia juga memulai karier barunya sebagai penulis independen dan presenter penyiaran. Buku pertama yang ia terbitkan berjudul Through the Narrow Gate yang mengisahkan pengalamannya sebagai seorang biarawati.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More