4 Fakta tentang Perbedaan Ratu dan Permaisuri di Kerajaan Inggris 

Jum'at, 02 Juni 2023 - 16:30 WIB
Gelar ratu bagi Camilla, istri Raja Charles III, memicu kontroversi. Foto/Reuters
LONDON - Ratu atau permaisuri menjadi gelar pada institusi suatu kerajaan. Demikian juga berlaku di Kerajaan Inggris . Namun, pemberian gelar Ratu Camilla sempat menimbulkan polemik berkepanjangan di Inggris.

Apalagi, sebagian warga Inggris tidak menerima ketika Camilla mendapatkan gelar ratu. Itu dikarenakan latar belakang Camilla yang dianggap merusak citra keluarga Kerajaan Inggris.

Berikut 4 fakta tentang perbedaan ratu dan permaisuri yang menjadi gelar kerajaan Inggris bagi Ratu Camilla.

1. Gelar Permaisuri Diberikan oleh Ratu Elizabeth II



Foto/Reuters

Semuanya bermula Februari 2022, mediang Ratu Elizabeth II saat perayaan sekitar 70 tahun kekuasaannya, dengan mengatakan agar Camilla menjadi Permaisuri saat Charles menjadi Raja.



Pergeseran awal dari Camilla dari gelar Duchess of Cornwall menjadi permaisuri diakui dalam pernyataan singkat Istana Inggris tentang kematian Ratu pada September 2022. Istana Kerajaan Inggris pertama kali menggunakan gelar tersebut ketika mengumumkan bahwa "Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral."



2. Gelar Ratu Diberikan oleh Raja Inggris

Namun, wasiat Ratu Elizabeth diingkari oleh putranya Charles yang menjadi raja setelah ibuny pada September 2022. Raja Charles yang menjadi Raja Inggris menyebut istrinya, Camilla, sebagai ratu, bukan permaisuri. Adapun Camilla pun dipanggil ratu bukannya permaisuri lagi. Itu ditegaskan pada undangan resmi penobatan Raja Charles yang dirilis ke publik pada April 2023. Langkah Charles itu menyebabkan beberapa kontroversi mengingat sejarah Camilla dalam keluarga.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More