2 Negara Eropa yang Pernah Bantai Kaum Muslim Besar-besaran

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:53 WIB
Muslim Bosnia dan Bosnia Kroasia pernah menjadi korban pembantaian dalam Perang Bosnia pada tahun 1992-1995. Foto/REUTERS
JAKARTA - Ada beberapa negara Eropa yang tercatat pernah membantai kaum Muslim secara besar-besaran. Dalam artikel ini, akan diulas dua negara Eropa yang pernah melakukan tindakan tersebut.



1. Genosida Bosnia



Genosida Bosnia merujuk pada peristiwa genosida di Srebrenica dan Žepa yang dilakukan oleh pasukan Serbia Bosnia selama Perang Bosnia pada tahun 1992-1995.

Kampanye pembersihan etnis ini menyebar di seluruh kawasan yang dikendalikan oleh Angkatan Darat Republika Srpska dan menargetkan terutama Muslim Bosnia dan Bosnia Kroasia.





Peristiwa di Srebrenica pada tahun 1995 merupakan salah satu tragedi kelam dalam sejarah dunia. Lebih dari 8.000 Muslim Bosnia tewas dalam pembantaian yang dilakukan oleh unit-unit Angkatan Darat Republika Srpska di bawah komando Jenderal Ratko Mladić.

Selain itu, sekitar 25.000-30.000 warga sipil Bosnia lainnya juga mengalami pengusiran massal di dalam dan di sekitar kota Srebrenica, Bosnia dan Herzegovina.

Kampanye pembersihan etnis tersebut meliputi penahanan tanpa pengadilan, pembunuhan, pemerkosaan, serangan seksual, penyiksaan, penikaman, perampasan dan perlakuan tak manusiawi terhadap warga sipil.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More