Slovakia Berikan Semuanya, Semakin Banyak MiG-29 NATO untuk Ukraina

Selasa, 18 April 2023 - 08:24 WIB
Negara NATO, Slovakia, berikan seluruh jet tempur MiG-29-nya kepada Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
KIEV - Anggota NATO, Slovakia, mengumumkan bahwa pihaknya telah menyelesaikan transfer seluruh armada jet tempur MiG-29-nya ke Ukraina . Pasokan itu semakin menambah jumlah pesawat MiG-29 NATO untuk membantu Kiev melawan invasi Rusia .

Kementerian Pertahanan Slovakia mengumumkan dalam sebuah posting Facebook pada hari Senin bahwa tahap kedua dan terakhir dari sembilan jet tempur generasi keempat MiG-29 buatan Rusia telah diserahkan ke Ukraina.

Slovakia, secara total, telah mengirim 13 pesawat MiG-29. Sebagai imbalannya, Amerika Serikat (AS) menawarkan Slovakia 12 unit baru helikopter serang Bell AH-1Z. Helikopter serang ini bernilai sekitar USD1 miliar, tetapi Bratislava dilaporkan hanya akan membayar sekitar USD340 juta dengan pembiayaan militer asing Amerika menutupi sisanya.



“Semua 13 jet tempur MiG-29 yang diumumkan telah diserahkan dengan aman ke Angkatan Bersenjata Ukraina,” tulis kementerian tersebut dalam posting di halaman Facebook resminya.



“[Slovakia] melakukan hal yang benar. Bagi Ukraina, pesawat ini mewakili dukungan signifikan dalam pertahanannya melawan agresi militer Rusia dan dalam melindungi kehidupan manusia," lanjut kementerian itu seperti dikutip Newsweek, Selasa (18/4/2023).

Slovakia dan Polandia adalah negara-negara NATO pertama yang mengirim pesawat tempur ke Ukraina, meskipun telah berbulan-bulan permintaan diajukaan para pemimpin di Kiev.

Anggota NATO lainnya sejauh ini menolak mengirim pesawat buatan Barat untuk Ukraina, meskipun diskusi sedang berlangsung tentang usulan penyediaan pesawat tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS).

Menurut Bratislava, empat MiG-29 Slovakia yang disumbangkan pada bulan Maret sudah terbang di langit Kiev. Namun, seberapa efektif mereka tidak jelas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More