Meski Rupiah Potensi Reli, Waspadai Pembalikan Arah

Rabu, 11 November 2015 - 08:41 WIB
Meski Rupiah Potensi Reli, Waspadai Pembalikan Arah
Meski Rupiah Potensi Reli, Waspadai Pembalikan Arah
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini berpotensi melanjutkan penguatan (reli), namun tetap waspadai adanya peluang pembalikan arah melemah.

"Penguatan rupiah dapat berlanjut, namun kami sarankan untuk tetap mewaspdai adanya potensi pembalikan arah melemah karena belum sepenuhnya ditopang oleh sentiment positif dari dalam dan luar negeri," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Karena itu, dia menyarankan kepada pelaku pasar untuk tetap mencermati sentimen yang akan muncul. Reza memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.628-Rp13.610/USD.

Sementara laju rupiah kemarin mampu mengalami kenaikan di tengah laju USD yang bergerak naik terhadap sejumlah mata uang utama.

"Apalagi dari dalam negeri tidak banyak sentiment positif yang dapat dijadikan alasan penguatan laju rupiah, terkecuali adanya sentimen intervensi dari Bank Indonesia untuk menahan pelemahan laju lebih lanjut," jelas Reza.

Jikapun ada berita positif maka berasal dari berita dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menargetkan realisasi investasi pada 2016 menembus angka Rp600 triliun atau meningkat sekitar 15% dibandingkan tahun 2015. Sementara untuk tahun ini, BKPM juga optimistis realisasi investasi bakal melampaui target yang telah ditetapkan sebesar Rp519,5 triliun.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0384 seconds (0.1#10.140)