Semarak Ramadan, Lampu Bernuansa Islami Hiasi Jalanan London

Jum'at, 24 Maret 2023 - 01:51 WIB
loading...
Semarak Ramadan, Lampu Bernuansa Islami Hiasi Jalanan London
Semarak Ramadan, lampu bernuansi Islami hiasi jalanan London, Inggris. Foto/The New Arab
A A A
LONDON - Lampu-lampu bernuansaIslami menyinari salah satu area paling terkenal di Ibu Kota Inggris , London , pada Selasa malam menyambut bulan suci Ramadan. Keindahan lampu-lampu bernuansaIslami ini akan berlangsung sepanjang bulan Ramadan di Piccadilly Circus.

Lampu dinyalakan oleh Wali Kota London yang merupakan seorang Muslim, Sadiq Khan. Ia mengatakan ini adalah pertama kalinya kota Eropa merayakan bulan suci Islam dengan cara ini.

Umat Muslim di Inggris pun menyambut baik hal ini di Twitter. Mereka mengatakan bahwa lampu-lampu itu memberikan rasa gembira dan solidaritas sekaligus memungkinkan orang-orang di Inggris untuk bergabung dalam perayaan tersebut.

Pemasangan lampu-lampu yang dilakukan oleh Ramadan Lights UK ini menampilkan 30.000 lampu berkelanjutan yang menggambarkan fase bulan. Kalender Islam - dan dengan demikian tanggal jatuhnya bulan Ramadan - didasarkan pada siklus bulan.

"Ini adalah bulan suci bagi umat Islam. Dan ada begitu banyak dari kita di negara ini, jadi kita harus diwakili… kita hidup di kota yang sangat menakjubkan London sangat… multikultural," kata Aisha Desai, pendiri Ramadan Lights UK kepada The New Arab.



"Saya pikir sangat penting bagi saya sebagai seorang wanita muda Muslim untuk menginspirasi pemuda Muslim lainnya, dan non-Muslim, untuk mengetahui bahwa langit adalah tidak ada batasnya. Kita dapat melakukan apapun yang kita ingin lakukan, selama kita bertahan," dia menambahkan seperti dilansir dari The New Arab, Jumat (24/3/2023).

Desai percaya bahwa inisiatif seperti Ramadan Lights UK akan membantu melawan Islamofobia dan meningkatkan kesadaran akan tradisi, kepercayaan, dan praktik budaya Muslim.

"Ini adalah pesan yang indah untuk mengatakan seperti, kami melihat Anda. Anda di sini dan...ini adalah rumah Anda. Dari mana pun latar belakang Anda, ini adalah rumah Anda yang lain," kata Soukaina Ichanti, yang mengunjungi instalasi tersebut, kepada The New Arab.

"Kami melihat lampu Natal dan melihat lampu Ramadhan juga, itu hanya pesan yang indah bahwa kita harus hidup berdampingan terlepas dari perbedaan atau keyakinan kita," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)