Eks Dubes AS: Putin Khawatirkan Keselamatannya Sendiri

Minggu, 12 Maret 2023 - 06:57 WIB
Eks Dubes AS untuk Rusia menyebut Presiden Vladimir Putin mengkhawatirkan keselamatannya sendiri. Foto/Ilustrasi
WASHINGTON - Mantan duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Rusia , John Sullivan, mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin mengkhawatirkan keselamatannya sendiri karena gaya hidupnya dipengaruhi oleh perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Sullivan mengacu pada laporan baru-baru ini yang mengatakan Putin sekarang tinggal bersama pacarnya di sebuah rumah mewah di luar Moskow.

Hal itu diungkapkanya dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi AS, CNN.



Gaya hidup mewah Putin telah dipertanyakan oleh beberapa orang, mengingat sanksi berat yang dijatuhkan Barat terhadap Rusia sejak awal perang di Ukraina Februari lalu. Beberapa dari sanksi tersebut termasuk larangan minyak Rusia dan menghapus bank Rusia dari sistem pengiriman pesan pembiayaan internasional SWIFT, menurut BBC News.



Sullivan mengatakan bahwa gaya hidup Putin sebenarnya dipengaruhi oleh invasi besar-besaran ke Ukraina, yang membatasi pergerakannya karena alasan keamanan.

"Dari apa yang kami lihat, gaya hidupnya telah terpengaruh dalam arti berikut," kata Sullivan.

"Dia tidak bisa bepergian dengan pesawat di dekat Rusia barat daya untuk mencapai Sochi, misalnya, salah satu tempat favoritnya untuk pergi. Dia tidak bisa pergi ke sana dengan pesawat. Dia sekarang lebih sering bepergian dengan kereta api. Dia mengkhawatirkan keselamatannya sendiri. Adapun dampak ekonomi, jika pertanyaannya lebih tentang mendukung gaya hidupnya yang mewah, saya rasa itu tidak terlalu memprihatinkan daripada kekhawatiran tentang keselamatannya sendiri," tuturnya seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (12/3/2023).

Sebelumnya sebuah situs berita investigasi Rusia bernama The Project baru-baru ini melaporkan, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, bahwa Putin tinggal bersama pacarnya, mantan pesenam Olimpiade Alina Kabaeva, di sebuah vila di perkebunan miliknya di Danau Valdai, yang terletak 400 kilometer barat laut Moskow dan membentang seluas 13.000 kaki persegi, menurut WION News. Anak-anak juga terlihat di dekat tempat itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More