Zelensky Pecat Wakil Komandan Garda Nasional Ukraina

Minggu, 12 Februari 2023 - 09:15 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat wakil komandan Garda Nasional Ukraina. Foto/BBC
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeluarkan dekrit yang isinya memecat seorang tokoh keamanan senior. Sementara, secara terpisah, ia mengatakan bahwa upayanya untuk membersihkan pemerintah akan terus berlanjut.

Ukraian telah memberhentikan puluhan pejabat dalam beberapa pekan terakhir dan membuka penyelidikan sebagai bagian dari upaya luas melawan korupsi. Uni Eropa (UE) mengatakan mengatasi korupsi adalah persyaratan bagi Ukraina untuk bergabung dengan blok yang beranggotakan 27 negara itu.

Zelensky memberhentikan Ruslan Dziuba sebagai wakil komandan Garda Nasional, menurut keputusan singkat yang dikeluarkan oleh kantor kepresidenan. Dekrit itu tidak memberikan alasan pemecatan itu.





Zelensky - yang telah menekankan perlunya pembersihan kementerian pertahanan khususnya - tidak secara khusus menyebut Dziuba dalam pidato video hariannya.

Sebaliknya, dia mengatakan telah bertemu dengan pejabat sektor pertahanan dan penegak hukum untuk membahas cara melindungi institusi dari apa yang dia sebut upaya dari luar atau dalam untuk mengurangi efektivitas dan efisiensinya.

"Semua kegiatan ini bukan hanya tentang episode tertentu atau proses pidana ... negara akan terus memodernisasi institusi itu sendiri. Kemurnian kerja struktur negara harus dijamin," katanya merujuk pada upayanya melakukan pembersihan seperti dikutip dari Reuters, Minggu (12/2/2023).



Sebelumnya, pada hari Kamis, Menteri pertahanan Ukraina mengatakan ratusan pejabat di kementerian atau di angkatan bersenjata telah didisiplinkan tahun lalu setelah audit internal, dan bahwa dia "tidak mentolerir" korupsi.
(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More