Pertarungan Setengah Hati di Laut China Selatan

Rabu, 15 Juli 2020 - 10:25 WIB
"Di bawah upaya menciptakan stabilitas, AS justru menunjukkan ototnya, meningkatkan ketegangan, dan memicu konfrontasi di kawasan," ungkap Kedubes China untuk AS. "Tuduhan ini sepenuhnya tidak bisa dibenarkan. China sepenuhnya menolak,” ungkap mereka. (Lihat videonya: Banjir Bandang di Kabupaten Luwu Hancurkan Akses Jalan Desa)

Pejabat tinggi Partai Republik dan Demokrat di Komite Hubungan Luar Negeri Senate AS dan Komite Urusan Luar Negeri DPR AS juga menolak klaim China di LCS. "Kita tidak lagi memiliki kepentingan yang sama. China yang bersikap agresif di LCS sudah banyak melanggar hukum internasional," kata Senator Jim Risch dan Bob Menendez.

Sebelumnya, AS sempat memberikan kesempatan kepada China dan negara terlibat sengketa untuk menyelesaikan konflik di LCS secara damai, diplomatis, dan sejalan dengan hukum internasional. Namun, kini, AS menilai China tidak berada dalam posisi pengklaim yang sah secara hukum sehingga tidak dapat bernegosiasi.

Para ahli internasional menyatakan, pendirian negara lain juga sangat vital dalam menentukan keberpihakan di LCS. Jika satu negara memiliki pandangan yang sama dengan AS, maka negara tersebut secara otomatis menentang keberadaan China di LCS. (Muh Shamil)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More