Indonesia Bakal Ikut Bereskan Konflik Laut China Selatan

Senin, 11 Mei 2015 - 13:40 WIB
Indonesia Bakal Ikut Bereskan Konflik Laut China Selatan
Indonesia Bakal Ikut Bereskan Konflik Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, A.M. Fachir mengatakan Indonesia, sebagai bagian dari ASEAN akan terus membantu membereskan konflik yang terjadi di kawasan Laut China selatan.

Indonesia akan membawa isu ini dalam berbagai forum internasional. "Kita akan terus, tentu saja dengan berbagai pendekatan, mekanisme serta forum. Hampir semua forum kita gunakan. Baik kita inisiatif sendiri atau ikut seminar-seminar seperti yangmelibatkan semua stakeholders," ujar Fachir, Senin (11/5/2015).

Ditanya apakah Indonesia akan menjadi penengah dalam konflik yang terjadi di wilayah tersebut, Fachir menegaskan bahwa Indonesia akan terus berusaha untuk membantu menyelesaikan konflik sengketa pulau-pulau di Laut China Selatan.

"Tentu saja. Konflik bukan suatu solusi, karena itu kita carikan (solusi) masing-masing untuk kepentingan bersama. Kepentingan bersama itu adalah stabilitas," ujar Wakil Menlu Retno Marsudi itu.

Konflik Laut China Selatan terjadi ketika China mengklaim hampir seluruh kawasan Laut China Selatan berdasarkan peta kuno yang mereka miliki. Namun, klaim China itu ditentang Malaysia, Filipina, Brunei, Vietnam dan Taiwan yang sama-sama mengklaim pulau di kawasan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3653 seconds (0.1#10.140)