Houthi Siap Damai Jika Saudi Hentikan Agresi di Yaman

Senin, 06 April 2015 - 12:41 WIB
Houthi Siap Damai Jika Saudi Hentikan Agresi di Yaman
Houthi Siap Damai Jika Saudi Hentikan Agresi di Yaman
A A A
SANAA - Kelompok pemberontak Houthi siap untuk duduk berdialog secara damai dengan kubu pemerintah Presiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi. Syaratnya, Arab Saudi dan koalisi Teluk menghentikan agresi militer di Yaman.

Houthi juga minta syarat dialog damai itu diawasi pihak-pihak dari kubu netral atau “non-agresor”. Kesediaan Houthi untuk berdamai itu disampaikan seorang anggota senior kelompok Houthi, Saleh al-Sammad.

Kesanggupan Houthi untuk berdamai itu juga sebagai respons atas seruan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan Rusia yang menyerukan “jeda kemanusiaan” di Yaman. Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, kemarin juga menyerukan hal serupa terhadap semua pihak yang berkonflik di Yaman.

Sammad merupakan tokoh senior dalam kepemimpinan Houthi. Dia semula adalah penasehat Presiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi. Sammad kepada Reuters, Senin (6/4/2015), mengatakan, bahwa warga Yaman menolak kepulangan Presiden Hadi yang telah melarikan diri ke Arab Saudi 11 hari lalu setelah diserbu milisi Houthi.

Pembicaraan damai antara kubu Houthi dan kubu Presiden Hadi pernah difasilitasi PBB. Tapi, upaya itu gagal. ”Kami masih berdiri dengan posisi kami untuk dialog dan kami menuntut kelanjutan, meskipun segala sesuatu yang telah terjadi. (Dialog) atas dasar rasa hormat dan pengakuan pihak lainnya,” kata Sammad.

”Kami tidak memiliki sikap lain kecuali menghentikan agresi dan duduk di meja dialog dalam jangka waktu tertentu. Dan pihak internasional atau regional yang tidak dalam posisi menyerang terhadap orang-orang Yaman dapat mengawasi dialog,” ujar Sammad.

Menurutnya, Houthi ingin dialog ditayangkan secara langsung kepada orang-orang Yaman.”Sehingga mereka bisa tahu siapa yang memicu kegawatan tersebut,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6530 seconds (0.1#10.140)
pixels