Galeri Seni di Canbera Haruskan Pengunjungnya Telanjang

Sabtu, 04 April 2015 - 20:53 WIB
Galeri Seni di Canbera Haruskan Pengunjungnya Telanjang
Galeri Seni di Canbera Haruskan Pengunjungnya Telanjang
A A A
CANBERA - Sebuah kebijakan yang terbilang langka dibuat oleh pengelola galeri nasional Australia. Pada umumnya pengunjung hanya tidak diperbolehkan memotret atau berisik, namun di galeri ini setiap pengunjung diwajibkan untuk melepas pakaian mereka, dan meninggalkan semua perlengkapan mereka di pintu masuk.

Kebijakan ini dibuat ketika galeri tersebut memamerkan hasil karya James Turrell. Melansir Mirror pada Sabtu (4/4/2015) kebijakan ini dibuat berdasarkan permintaan langsung dari Turnell, yang beralasan dirinya ingin setiap pengunjungnya memiliki pengalaman berbeda ketika memasuki sebuah galeri seni.

Tidak semua orang bisa masuk ke dalam galeri tersebut, setiap sesi galeri hanya mempersilahkan 50 orang masuk ke dalam ruang eksebisi. Saru syarat utama adalah pengunjung harus berusia di atas 18 tahun.

Seorang pengunjung wanita yang enggan disebutkan namanya mengaku tidak merasa aneh ketika masuk kedalam galeri tersebut. "Semua orang melakukan hal yang sama, sehingga suasana di dalam tidak terasa aneh atau canggung," ucapnya.

"Tidak ada pakaian yang mengganggu pergerakan Anda, dan karena instalasi cahaya semua orang terlihat sama. Kebijakan ini hanya membuat kami melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda," tambahnya.

Pameran dengan "James Turrell: a retrospective" ini digelar setiap hari di Canbera. Pameran serupa juga pernah dibuat oleh Turrel di Jepang beberapa waktu lalu, dan sama seperti halnya di Australia, saat melakukan pameran di Jepang setiap pengunjung pun diwajibkan telanjang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5219 seconds (0.1#10.140)