Kesepakatan Nuklir Iran Eratkan Hubungan China-AS

Sabtu, 04 April 2015 - 14:17 WIB
Kesepakatan Nuklir Iran...
Kesepakatan Nuklir Iran Eratkan Hubungan China-AS
A A A
BEIJING - Pemerintah China menyebut kesepakatan nuklir Iran tidak hanya membawa dampak baik negara tersebut, tapi juga bagi mereka. Kesepakatan itu, menurut China membuat hubungan mereka dengan Amerika Serikat (AS) kian erat.

AS dan China merupakan dua negara yang tergabung dalam kelompok P5+1, yang dalam beberapa tahun ini terus melakukan negosasi dengan Iran. Intensitas pertemuan ini lah yang kerap juga digunakan kedua negara untuk mengurangi setiap perbedaan pendapat yang ada.

"China dan AS, keduanya mengambil tanggung jawab besar dalam menjaga sistem non-proliferasi nuklir internasional, terus mempertahankan kontak yang baik dengan satu sama lain selama negosiasi, sekaligus menanamkan energi positif ke dalam hubungan bilateral," ucap Menteri Luar Negeri China Wang Yi, seperti dilansir IB Times pada Sabtu (4/4/2015).

Wang, yang melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry melalui sambungan telepon itu juga mengatakan Chian akan terus melakukan kontak dengan semua pihak yang terlibat dalam negosiasi nuklir Iran, khusunya dengan AS. Ini dilakukan agar kesepakatan nuklir yang sebenarnya dapat diselesaikan tepat wakktu.

"Dalam upaya untuk menyelesaikan kesepakatan yang komprehensif sesuai jadwal, China akan mempertahankan koordinasi dengan semua pihak yang terkait, termasuk AS, dan terus memainkan peran yang konstruktif selama proses tersebut," tambah Wang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0797 seconds (0.1#10.140)