UE Mulai Bahas Perpanjangan Sanksi Rusia

Kamis, 19 Maret 2015 - 16:53 WIB
UE Mulai Bahas Perpanjangan Sanksi Rusia
UE Mulai Bahas Perpanjangan Sanksi Rusia
A A A
BRUSSELS - Para kepala negara dan pemerintahan dari 28 negara Uni Eropa (UE) akan melakukan pertemuan puncak di Brussels mulai Kamis (19/3/2015). Sanksi terhadap Rusia menjadi salah satu agenda utama pertemuan tersebut.

Menurut juru bicara urusan luar negeri UE, dalam pertemuan puncak itu para pemimpin UE akan membahas mengenai apakah sanksi terhadap Rusia akan diperpanjang sesuai dengan saran Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk atau dicabut. Dirinya mengatakan, semua kemungkinan masih terbuka lebar.

"Usulan yang disampaikan oleh Donald Tusk saat ini sedang dibahas," ucap juru bicara itu dalam sebuah pernyataan. Tusk, seperti dilansir Itar-tass, sedang berusaha untuk mendekati Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande agar mendukung usulannya.

Juru bicara itu mengatakan, bila berdasarkan hasil pembicaraan awal, nampaknya sanksi Rusia akan diperpanjang dan mumgkin akan diperluas. "Mayoritas peserta pertemuan mendukung usulan untuk memperluas sanksi untuk Rusia," imbuhnya.

Dari 28 negara UE, diketahui hanya tujuh negara yang menolak perpanjangan dan perluasan sanksi untuk Rusia. Negara-negara itu antara lain Siprus, Yunani, Slovakia, Hungaria, Austria, Spanyol dan Italia. Sanksi pada Rusia sendiri sejatinya akan berakhir pada Juli mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)
pixels