Malaysia Lepaskan 14 Pasukan Keamanan Indonesia

Senin, 16 Maret 2015 - 15:00 WIB
Malaysia Lepaskan 14 Pasukan Keamanan Indonesia
Malaysia Lepaskan 14 Pasukan Keamanan Indonesia
A A A
JAKARTA - Malaysia sudah melepaskan 14 pasukan keamanan Indonesia yang terdiri dri 10 polisi dan empat tentara. Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, Senin (16/3/2015).

Seperti diberitkan Sindonews, Sabtu pekan lalu, Kepolisian Sabah, Malaysia, menangkap 17 warga negara Indonesia, yang terdiri dari 14 pasukan keamanan dan tiga warga sipil. Mereka ditangkap di pulau Sebatik Malaysia karena menerobos wilayah tanpa izin saat mengejar tersangka pembunuh tentara Indonesia di pulau Nunukan. (Baca: Malaysia Tangkap 14 Pasukan Indonesia)

Kemlu menegaskan, 14 pasukan keamanan Indonensia itu tidak dipenjara pihak Malaysia. "Masalah ini sudah selesai, kita cek Konsulat Jenderal kita di Tawau, mereka dipulangkan bukan dibebaskan karena memang tidak ada penahahan," ucap Direktur Perlindungan Warga Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, kepada wartawan.

"Mereka tidak sengaja memasuki wilayah Malaysia, dan pihak Malaysia juga sudah men-declare bahwa memang ini bukan kesengajaan," ujarnya.

Versi Kemlu, 14 pasukan keamanan itu mengejar tiga pelaku kejahatan yang lari ke wilayah Malaysia. Ketiga pelaku itu saat ini sedang menjalani pemeriksaan di kantor kepolisian di wilayah perbatasan Malaysia. Ketiganya juga akan dipulangkan ke Indonesia.

"Akan dipulangkan juga, mereka yang diduga pelaku pembunuhan juga akan diserahkan ke pemerintah Indonesia untuk diproses secara hukum di dalam negeri," imbuh dia. "Masalah ini sudah selesai, tidak perlu dibesar-besarkan," katanya lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3200 seconds (0.1#10.140)