Eks Sandera: ISIS Bangun Penjara Ala Guantanamo

Senin, 16 Maret 2015 - 11:03 WIB
Eks Sandera: ISIS Bangun Penjara Ala Guantanamo
Eks Sandera: ISIS Bangun Penjara Ala Guantanamo
A A A
MADRID - Seorang mantan sandera ISIS yang kini sudah dibebaskan mengungkap bahwa kelompok radikal itu membangun sebuah penjara di Suriah yang meniru penjara Guantanamo, Kuba, yang dipakai Amerika Serikat (AS). Mantan sandera itu bernama Javier Espinosa, wartawan Spanyol.

Espinosa diculik pada 16 September 2013 dan dibebaskan pada tanggal 29 Maret 2014. Dalam tulisannya, kelompok Islamic State Iraq and Syria (ISIS) mengelompokkan 23 sandera dari 11 negara-negara Barat di sebuah vila di Aleppo utara, Suriah.

Menurutnya, penjara ala Guantanamo yang dibangun ISIS di Suriah menjadi jawaban bagi AS yang menahan para tersangka kasus terorisme di penjara Guantanamo. Informasi dari Espinosa itu juga dia peroleh dari wartawan AS, James Foley, yang dipenggal oleh ISIS pada tahun 2014.

“Mereka memiliki proyek ini untuk waktu yang lama. Seorang (kepala penjaga penjara) mengatakan kepada kami di awal, bahwa mereka menginginkan penjara dengan tingkat keamanan tinggi yang dilengkapi kamera dan banyak penjaga,” tulis Espinosa.

“Mereka mengatakan kepada kami bahwa kami akan berada di sini untuk waktu yang sangat lama, karena kami adalah orang-orang pertama yang mereka ditangkap,” lanjut Espinosa yang menirukan ucapann Foley sebelum dieksekusi ISIS, seperti dilansir Al Arabiya, semalam (15/3/2015).

Espinosa melanjutkan, ada kelompok yang terdiri dari puluhan jurnalis Eropa, Amerika dan Amerika Latin, serta para pekerja kemanusiaan yang ditahan di kompleks penjara itu. Sebagian dari mereka diserahkan ke algojo ISIS untuk dieksekusi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4974 seconds (0.1#10.140)