AS Kerahkan Banyak Drone dan Humvee ke Ukraina

Kamis, 12 Maret 2015 - 08:34 WIB
AS Kerahkan Banyak Drone...
AS Kerahkan Banyak Drone dan Humvee ke Ukraina
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan, bahwa mereka telah mengerahkan banyak bantuan militer non-mematikan berupa drone dan kendaraan Humvee lapis baja ke Ukraina. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

”Kami saat ini menyediakan bantuan tambahan sekitar 75 juta dolar berwujud bantuan non-mematikan ke Ukraina untuk membantu mereka,” kata Kerry kepada Senat AS. Bantuan itu merujuk pada opsi yang ditawarkan Gedung Putih.”Dan, seperti yang Anda tahu, hal-hal lain saat ini sedang dipertimbangkan,” lanjut Kerry.

Menurut pejabat AS yang dikutip AP semalam (11/3/2015) , bantuan AS itu telah dibahas di telepon antara Wakil Presiden AS, Joe Biden dan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko. Paket bantuan itu termasuk sistem pesawat tak berawak (drone)jenis Raven miniyang dapat diluncurkan dengan tangan, radio, radar penangkal mortir, 30 kendaraan Humvee lapis baja dan 200 kendaraan biasa.

Washington dan sekutu NATO lainnya telah menyalurkan bantuan keamanan ke Ukraina senilai lebih dari US$100 juta. Namun, AS menegaskan, bantuan militer itu sifatnya non-mematikan.

”Kami memiliki waktu lebih dari 14 bulan terakhir dengan menyediakan bantuan keamanan senilai US$ 118 juta,” kata Asisten Menteri Luar Negeri AS, Victoria Nuland, kepada Komite Urusan Luar Negeri Parlemen AS.

Rusia sendiri telah memperingatkan, bahwa pasokan bantuan senjata ke Ukraina dari negara-negara Barat akan meningkatkan ketegangan di Ukraina. ”Dan akan menjadi pukulan besar bagi perjanjian Minsk,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Ryabkov, beberapa waktu lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0380 seconds (0.1#10.140)