Raja Yordania: Islamophobia Bantu Perkuat ISIS

Rabu, 11 Maret 2015 - 12:20 WIB
Raja Yordania: Islamophobia Bantu Perkuat ISIS
Raja Yordania: Islamophobia Bantu Perkuat ISIS
A A A
STRASBOURG - Raja Yordania, Abdullah mengatakan, semakin kuatnya ISIS bukan hanya karena mereka memiliki pendanaan dan kekuatan senjata yang besar, namun juga ada faktor lain. Islamophobia, atau ketakutan terhadap Islam yang banyak mendera negara-negara Barat, menjadi alasan lain mengapa ISIS terus bertambah kuat setiap harinya.

Islamophobia yang banyak melanda negara Barat membuat konflik antara umat Islam dan non-Muslim menjadi mudah terjadi. Konflik inilah, yang menurut Abdullah akan digunakan ISIS untuk memancing orang-orang untuk bergabung dengan mereka, dan memperkuat posisi kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu.

"Para ekstrimis ini mencoba untuk mengeksploitasi konflik untuk membangun legitimasi mereka," ucap Abdullah saat berbicara di hadapan Parlemen Eropa di Prancis, seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (11/3/2015).

Dirinya mengatakan, persatuan khususnya di negara-negara Arab menjadi kata kunci untuk bisa mengalahkan ISIS. "Kelompok ini bukan lagi menjadi ancaman bagi Irak dan Suriah, melainkan juga negara-negara di kawasan Timur Tengah dan dunia internasional," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Abddullah juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan perlawanan terhadap segala macam aksi terorisme. Ini perlu dilakukan demi melindungi rakyat Yordania dan kepercayaan yang mereka anut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4758 seconds (0.1#10.140)