Makarim Wibisono Serukan Israel Diselidiki Terkait Perang Gaza

Rabu, 04 Maret 2015 - 16:14 WIB
Makarim Wibisono Serukan Israel Diselidiki Terkait Perang Gaza
Makarim Wibisono Serukan Israel Diselidiki Terkait Perang Gaza
A A A
NEW YORK - Makarim Wibisono, pelapor khusus HAM PBB untuk krisis Palestina menyerukan agar Israel diselidiki terkait perang Gaza 2014 lalu. Menurut Mantan Dubes Indonesia untuk PBB tersebut jumlah korban dalam perang Gaza antara kubu Israel dan Palestina tidak seimbang.

Makarim Wibisono telah mengeluarkan laporan pertamanya ke Dewan HAM PBB sejak menjadi pelapor khusus HAM untuk krisis Palestina.

Seruan Makarim muncul setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, akan membela Israel dari tuduhan pelanggaran HAM saat perang Gaza antara Hamas dan Israel pecah pada Juli hingga Agustus 2014.

Dalam perang sekitar 50 hari itu, sekitar 2.256 warga Palestina di Gaza tewas, di mana mayoritas adaah warga sipil. Sedangkan dari kubu Israel, korban tewas hanya 66 orang tentara dan lima warga sipil.

“Perbedaan mencolok dalam jumlah korban di kedua belah pihak mencerminkan ketidakseimbangan kekuasaan dan dampak yang tidak proporsional yang ditanggung oleh warga sipil Palestina. Hal itu menimbulkan pertanyaan, apakah Israel berpegang pada prinsip-prinsip hukum internasional dari perbedaan, proporsionalitas dan tindakan pencegahan,” kata Makarim, seperti dilansir Reuters, Rabu (4/3/2015).

“Kebanyakan korban sipil bukan hanya hanya pengamat yang ada tempat yang salah. Sebagian besar kelurga tewas dalam serangan rudal di rumah mereka sendiri, biasanya pada malam hari,” ujar Makarim.

Makarim telah mewawancarai korban perang Gaza yang mengungsi di Amman dan Kairo atau wawancara pada korban perang di Gaza melalui video. Hal itu dilakukan, karena tokoh Indonesia ini dilarang Israel menuju ke Gaza.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7040 seconds (0.1#10.140)