Kecam Abbott, Sejumlah Orang Kumpulkan Koinuntuk Australia

Minggu, 22 Februari 2015 - 18:48 WIB
Kecam Abbott, Sejumlah...
Kecam Abbott, Sejumlah Orang Kumpulkan Koinuntuk Australia
A A A
JAKARTA - Terkait ucapan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengatakan Indonesia harus mengingat bantuan Australia saat terjadi bencana tsunami di Aceh 2004 lalu, sejumlah masyarakat Indonesia pun menggalang koin untuk mengembalikan dana bantuan tersebut kepada Australia.

Pernyataan itu disampaikan Abbott karena ada dua warga Australia yang akan menjalankan eksekusi hukuman mati di Indonesia. Koalisi Pro Indonesia mengecam pernyataan tersebut. Bahkan mereka menggelar aksi‎ 'Tony Abbott jangan asal Bacot' di Bundaran Hotel Indonesia.

Koordinator Koalisi Pro Indonesia Andi Sinulingga mengatakan, pihaknya mengecam keras penyataan Tony Abbott. Sebab permasalahan kemanusiaan dan narkoba tidak bisa disamakan.

"‎Kamitidak terima bantuan Aceh ditukar dengan warganya yang ternyata gembong narkoba. Dan kami minta Jaksa Agung untuk segera mengeksekusi hukuman mati," tegasnya, Minggu (22/2/2015)).

Dia menilai, pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus bersikap tegas. Sebab ini bisa menjadi momentum untuk mengembalikan harkat martabat Indonesia. Terlebih, bukan kali ini saja Australia menghina Indonesia.

"Ini untuk bangkit. Kalau Australia mengancam kami (Indonesia) tidak butuh kok. Ini cermin kepemimpinan yang tidak beradab," ujarnya. Andi juga bingung dengan pernyataan Abbott. Sebab, permasalahan kemanusiaan tidak bisa dibandingkan dengan pelanggaran hukum.

"Jangan ajari kami tentang kemanusiaan, karena kami lebih mengerti tentang kemanusiaan.‎ Lagi pula kami tidak minta bantuan saat tsunami Aceh," katanya.
‎‎
Pada 2004 lalu,Australia pernah mengirim bantuan miliaran dolar, mayoritas berupa hibah untuk pembangunan rumah warga Aceh yang hancur diterjang tsunami pada 2004 lalu. Dana ini juga dipakai untuk mendirikan sekolah darurat serta infrastruktur utama, seperti jalan raya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)