AS: UEA Sudah Tarik Diri Sejak Desember 2014

Kamis, 05 Februari 2015 - 21:46 WIB
AS: UEA Sudah Tarik Diri Sejak Desember 2014
AS: UEA Sudah Tarik Diri Sejak Desember 2014
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS), yang merupakan pimpinan dari koalisi internasional melawan ISIS mengkonfirmasi laporan tentang mundurnya Uni Emirat Arab (UEA) dari koalisi. Namun, AS membantah UEA mengundurkan diri paska ISIS merilis video pembakaran pilot Yordania.

Seorang pejabat keamanan AS, seperti dilansir IB Times, Kamis (5/2/2015), menyatakan, UEA memang menarik diri karena insiden Kasaebeh, tapi bukan insiden pembakaran. UEA menarik diri sejak pesawat yang ditebangkan Kasaesbeh ditembak jatuh pada Desember lalu.

"Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa UEA menangguhkan keterlibatan mereka dalam melakukan serangan udara tak lama setelah pesawat yang diterbangkan pilot Yordania ditembak jatuh," ucap pejabat tersebut dalam kondisi anonim.

Pejabat itu juga mengatakan, walaupun sudah menarik diri, namun AS tetap menganggap UEA adalah salah satu rekan penting mereka di Timur Tengah, terutama dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS. "Saya tegaskan, UEA akan terus menjadi mitra penting dan berharga yang banyak berkontribusi bagi koalisi." ucapnya.

Sebelumnya dikabarkan, UEA menarik diri karena tidak puas dengan kepemimpinan koalisi, dengan menyebut koalisi kurang memberikan perlindungan bagi para pilotnya. Selain itu, UEA juga menyatakan alasan lainnya, yakni karena kurangnya inisiatif penyelamatan udara, yang menempatkan pilot mereka dalam bahaya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5702 seconds (0.1#10.140)