Prancis: Penyerang Charlie Hebdo Dibiayai Pihak Asing

Rabu, 14 Januari 2015 - 11:23 WIB
Prancis: Penyerang Charlie...
Prancis: Penyerang Charlie Hebdo Dibiayai Pihak Asing
A A A
PARIS - Polisi Prancis terus melakukan penelurusan terkait jaringan penyerang Charlie Hebdo. Dalam penyelidikannya, pihak kepolisian Prancis mendapati fakta bahwa kemungkinan Kouachi bersaudara mendapatkan sokongan dari pihak Asing.

Melansir Al Jazeera, Rabu (14/1/2015), fakta ini terungkap ketika polisi memerika senjata yang dipakai oleh Kouachi bersaudara. "Senjata kedua penyerang Charlie Hebdo berasal dari luar Prancis," ucap perwakilan serikat polisi Prancis, Christophe Crepin.

"Kami akan terus menelurusi sumber dana, bukan hanya yang terakit dengan insiden Charlie Hebdo, melainkan juga dengan teror di supermarket di Paris," imbuh Crepin dalam sebuah pernyataan.

Dirinya menyatakan, pihak yang memberikan senjata dan dana kepada ketiga pelaku teror tersebut bukanlah orang atau kelompok amatir. Crepin menyebut sebuah kelompok profesional yang teroganisir dengan baik adalah pihak yang memberikan sokongan bagi para pelaku teror Paris.

Namun, Crepin belum mau berspekulasi mengenai kelompok mana yang membiayai aksi teror di Paris. Kouachi bersaudara sendiri memang sempat dihubung-hubunghkan dengan al-Qaeda, karena salah satu dari mereka pernah mendapatkan pelatihan dari al-Qaeda Yaman tahun 2011 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)