Rusia Desak Dialog Internal untuk Selesaikan Konflik Ukraina

Senin, 12 Januari 2015 - 22:48 WIB
Rusia Desak Dialog Internal...
Rusia Desak Dialog Internal untuk Selesaikan Konflik Ukraina
A A A
MOSKOW - Rusia menilai, satu-satunya jalan untuk menyelesaikan konflik di Ukraina adalah melalui dialog internal. Menurut Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, sebanyak apapun bantuan dari luar tidak akan berguna tanpa didukung dengan dialog internal.

"Rusia meyakini, tak peduli seberapa penting berbagai pertemuan yang disusun pihak eskternal, hal yang terpenting tetap ada di dalam Ukraina," ungkap Lavrov, seperti dilansir Itar-tass, Senin (12/1/2015).

"Dialog nasional langsung yang melibatkan semua perwakilan wilayah dan politik di Ukraina harus dilangsungkan untuk mencapai rekonsiliasi nasional," imbuh diplomat senior Rusia itu.

Dalam pandangannya, melalui rekonsiliasi nasional inilah kelak akan didapat sebuah kesepakatan yang akan berpihak pada semua pihak. Kesepakatan yang akan membawa kedamaian dan keamanan bagi warga Ukraina.

Lavrov menyebut, penyelesaian melalui jalur militer tidak akan pernah membuahkan hasil. Dirinya juga menyayangkan rencana pemerintah Ukraina yang akan kembali menambah jumlah pasukan di wilayah Ukraina timur.

"Sangat disayangkan, kami mendapati informasi bahwa pasukan keamanan Ukraina sedang mempersiapakan upaya baru untuk menyelesaikan konflik melalui jalur kekerasan. Ini sangat memprihatinkan dan akan menjadi bencana," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)