Jerman Pasang Alat Deteksi Dini Tsunami di Indonesia

Senin, 22 Desember 2014 - 16:34 WIB
Jerman Pasang  Alat Deteksi Dini Tsunami di Indonesia
Jerman Pasang Alat Deteksi Dini Tsunami di Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jerman memberikan bantuan kepada Indonesia, berupa pemasangan alat deteksi dini tsunami. Bantuan itu diberikan setelah melihat dampak tsunami di Aceh tahun 2004 yang menelan ratusan ribu jiwa.

Pemasangan alat bantuan itu disampaikan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel pada Senin (22/12/2014). "Jerman telah memberikan bantuan sebesar 40 juta Euro untuk pembangunan teknologi deteksi dini tsunami. Dengan adanya teknologi ini, bila ada gempa atau gunung meletus kita bisa tahu dalam satu menit, apakah hal itu dapat menyebabkan tsunami atau tidak,” ucap Witschel.

Witchel melanjutkan, teknologi bukan hanya difokuskan pada wilayah Aceh. Namun, untuk seluruh wilayah Indonesia. “Kita bisa tahu apakah akan ada tsunami di Papua atau mungkin di Ambon dengan adanya teknologi ini,” ucapnya.

Jerman sendiri merupakan salah satu donatur terbesar bagi pembangunan infrastruktur di Aceh. Setidaknya dalam 10 tahun terakhir, Jerman telah menyalurkan bantuan sebesar 178 juta Euro kepada Aceh.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)