Sudah 3 Kali, China Uji Coba Pesawat Siluman Hipersonik

Jum'at, 05 Desember 2014 - 15:11 WIB
Sudah 3 Kali, China Uji Coba Pesawat Siluman Hipersonik
Sudah 3 Kali, China Uji Coba Pesawat Siluman Hipersonik
A A A
BEIJING - Uji coba pesawat siluman hipersonik oleh China untuk ketiga kalinya telah terpantau badan intelijen Amerika Serikat (AS).

Pesawat siluman milik militer China yang selama ini dirahasiakan itu mampu melaju hingga delapan kali kecepatan suara. Para ahli menduga, uji coba pesawat hipersonik China itu bagian dari pembangan nuklir strategis Beijing.

Pada pekan ini, badan intelijen AS mencatat China melakukan uji coba pesawat hipersonik yang bernama WU-14 yang ketiga kalinya. Dua uji coba sebelumnya telah dilakukan China pada awal tahun ini.

Seorang Wakil Kepala Pentagon, membenarkan laporan intelijen AS itu. Namun, dia enggan berkomentar lebih lanjut.

”Kami menyadari laporan mengenai tes (pesawat hipersonik) ini dan kami secara rutin memantau kegiatan pertahanan asing,” kata Wakil Kepala Pentagon, Letkol Jeff Pool, seperti dikutip Russia Today, Jumat (5/12/2014). ”Namun, kami tidak mengomentari kerja intelijen atau menilai sistem senjata luar negeri kita.”

Lora Saalman, seorang ahli kebijakan nuklir di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan uji coba ketiga dari pesawat siluman hipersonik WU-14 China dalam setahun ini menunjukkann bahwa Beijing sedang menjalankan gerakan militerisasi.

”Tidak hanya tes ketiga WU-14 dalam satu tahun ini yng menunjukkan bahwa ini adalah program prioritas untuk China, tapi juga menunjukkan bahwa kekhawatiran AS atas sejarah bahwa China berlari cepat dari program senjata nuklir,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6240 seconds (0.1#10.140)