Tegang, Jet Tempur Rusia Hampir Tabrak Pesawat Norwegia

Rabu, 03 Desember 2014 - 09:11 WIB
Tegang, Jet Tempur Rusia Hampir Tabrak Pesawat Norwegia
Tegang, Jet Tempur Rusia Hampir Tabrak Pesawat Norwegia
A A A
OSLO - Sebuah jet tempur Rusia dikabarkan melakukan tindakan yang telah membuat militer Norwegia geram. Dalam sebuah penerbangan, jet temput Rusia tiba-tiba melakukan manuver berbahaya dengan mencegat salah satu pesawat tempur milik Norwegia.

“Tindakan yang dilakukan oleh seorang pilot Rusia bukanlah tindakan yang cukup normal,” ucap juru bicara angkatan bersenjata Norwegia Brynjar Stordal. Melansir Al Arabiya, Rabu (3/12/2014), tindakan nyeleneh pilot Rusia itu terekam dalam kamera yang terpasang di pesawat Norwegia.

Stordal mengaku sudah menyampaikan protes terhadap pemerintah Rusia mengenai kejadian ini, dan dirinya mengharapkan adanya sebuah konfirmasi mengenai penyebab pilot Rusia itu melakukan aksi membahayakan tersebut.

“Kami tidak tahu apakah itu salah perhitungan atau jika ia sengaja menempatkan dirinya di jalur pesawat tempur kami,” ucap Stordal. “Kami telah memberitahu pihak Rusia, dan menegaskan kalau kami tidak menginginkan hal semacam ini terjadi,” ucapnya.

Insiden terbaru ini semakin menambah ketegangan antara Rusia dan negara-negara anggota NATO dalam beberapa bulan terakhir. Negara-negara anggota NATO memang kerap melaporkan adanya pergerakan pasukan Rusia di wilayah udara mereka, atau bahkan melakukan manuver serupa terhadap pesawat-pesawat mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4136 seconds (0.1#10.140)