WHO: Hampir 0,5 Juta Warga China Terinveksi HIV

Senin, 01 Desember 2014 - 16:29 WIB
WHO: Hampir 0,5 Juta Warga China Terinveksi HIV
WHO: Hampir 0,5 Juta Warga China Terinveksi HIV
A A A
BEIJING - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, bahwa hampir 0,5 juta warga di China terinveksi HIV. Yang mengkhawatirkan, banyak dari mereka tidak terdiagnosis oleh medis.

Bernhard Schwartlaender, perwakilan WHO di China, menulis di China Daily, bahwa Pemerintah China perlu melakukan banyak hal lagi untuk mencegah penularan dan membantu warganya yang hidup dengan HIV secara baik.

”Mungkin yang paling penting, kita harus menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap orang yang hidup dengan HIV, dan pada populasi berisiko seperti laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, pekerja seks, dan pengguna narkoba suntik,” tulis Schwartlaender.

”Saya telah melihat beberapa rekan saya sendiri dalam profesi medis membuat pasien pergi karena mereka tidak menyetujui orientasi seksual si pasien. Itu harus berhenti,” lanjut dia.

Masih menurut media China yang dilansir bertepatan dengan Hari AIDS Dunia pada Senin (1/12/2014),pada akhir Okober 2014, total ada 497 ribu orang di China telah didiagnosis terinveksi HIV/AIDS sejak kasus pertama di negara itu terdeteksi pada tahun 1985.

Angka tersebut meningkat. Sebab, pada September 2013, tercatat ada 434 ribu orang di China diketahui hidup dengan HIV/AIDS. Tapi penyebab peningkatan itu tidak jelas.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6780 seconds (0.1#10.140)