Obama Ampuni Dua Kalkun dari Ritual Thanksgiving

Kamis, 27 November 2014 - 16:02 WIB
Obama Ampuni Dua Kalkun dari Ritual Thanksgiving
Obama Ampuni Dua Kalkun dari Ritual Thanksgiving
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengampuni dua kalkun bernama Mac dan Cheese dari penyembelihan untuk perayaan Thanksgiving.

Di AS, sudah menjadi tradisi bahwa setiap perayaan Thanksgiving selalu menyembelih kalkun untuk disantap. Dua kalkun yang beruntung diampuni Obama itu bahkan dibawa ke Gedung Putih.

”Saya di sini untuk mengumumkan apa yang saya yakini akan menjadi yang paling banyak dibicarakan, yakni tentang tindakan pada bulan ini,” canda Obama mengacu kepada dua kalkun yang tidak disembelih itu.

Kedua kalkun berumur 20 minggu itu diberikan oleh ayah dan anak peternak kalkun asal Ohio. ”Mari kita hadapi, jika Anda kalkun dan Anda dinamakan lauk, peluang Anda untuk melarikan diri makan malam perayaan Thanksgiving cukup kecil,” canda Obama lagi, seperti dikutip Reuters, Kamis (27/11/2014).

Pengampunan kalkun oleh Presiden AS menjadi hal unik dalam perayaan Thanksgiving. Namun, sejatinya pengampunan terhadap kalkun yang semestinya disembelih sudah berlangsung sejak era Presiden John F. Kennedy, yang kemudian diikuti Presiden George HW Bush dan Obama.

Kendati demikian, candaan pengampunan kalkun itu dikritik kelompok pembela hak-hak satwa atau PETA. Menurut kelompok itu, seharusnya tidak hanya dua kalkun yang selamat dari penyembelihan ritual Thanksgiving tapi semua kalkun.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6596 seconds (0.1#10.140)