Marah, Korea Utara Isyaratkan Uji Coba Nuklir

Kamis, 20 November 2014 - 11:14 WIB
Marah, Korea Utara Isyaratkan Uji Coba Nuklir
Marah, Korea Utara Isyaratkan Uji Coba Nuklir
A A A
PYONGYANG - Rezim Korea Utara yang marah akibat laporan pelanggaran HAM oleh PBB mengisyaratkan untuk melakukan uji coba nuklir pada Kamis (20/11/2014).

Sebuah foto dari citra satelit menunjukkan adanya uap yang mengepul dari pabrik reaktor nuklir di Pyongyang utara. Gejala tak wajar dari reaktor nuklir itu dipantai Lembaga Studi AS-Korea di Univeritas Johns Hopkins.

Salah satu reaktor nuklir yang dipantau adalah reaktor di Yongbyon yang diyakni bisa menghasilkan plutonium, bahan utama senjata atau bom nuklir. Foto terbaru dari citra satelit menunjukkan bahwa reaktor itu telah ditutup selama 10 minggu atau lebih lama dari masa pemeliharaan rutin.

Sinyal tidak wajar dari fasilitas nuklir Korea Utara itu menyusul resolusi PBB yang telah disahkan. Resolusi itu juga meminta Dewan Keamanan PBB untuk menyeret pemimpin Korea Utara ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan Kamis (20/11/2014) oleh kantor berita resmi Korea Utara,KCNA,Kementerian Luar Negeri Korea Utara menolak resolusi PBB itu. Rezim Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un menganggap resolusi itu sebagai tipuan. Mereka juga menuduh Amerika Serikat berupaya untuk mempermalukan Pyongyang di depan masyarakat internasional.

”Agresi ini oleh AS membuat kami tidak bisa menahan diri untuk melakukan uji coba nuklir terbaru,” bunyi pernyataan kementerian itu. ”Kekuatan militer kita akan ditingkatkan tanpa batas untuk menjaga(Korea Utara) terhadap intervensi militer AS dan upaya dari invasi bersenjata.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4223 seconds (0.1#10.140)