Topi Langka Napoleon Terjual Rp29 Miliar

Senin, 17 November 2014 - 15:48 WIB
Topi Langka Napoleon Terjual Rp29 Miliar
Topi Langka Napoleon Terjual Rp29 Miliar
A A A
PARIS - Salah satu dari dua topi langka peninggalan Kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte, terjual 1,9 juta euro atau sekitar Rp29 miliar.

Topi Napoleon itu dibeli kolektor asal Korea Selatan dalam sebuah lelang yang digelar di luar Paris pada hari Minggu kemarin.

Topi dengan ciri khas berbulu itu dijual oleh keluarga Grimaldi, Monaco. Lelang itu berlangsung hampir lima kali dengan estimasi penawaran antara 300 ribu hingga 400 ribu euro.

Kendati demikian identitas kolektor Korea Selatan yang membeli topi Napoleon semahal itu tetap dirahasiakan.

Selama menjadi kaisar Prancis sejak 1804-1815, Napoleon Bonaparte telah memakai sekitar 120 topi. Topi-topi Napoleon itu dibuat oleh warga Prancis yang memiliki ciri khas di mana yang memakainya bisa dengan mudah terlihat di medan perang.

Dari ratusan topi milik Napoleon, hanya sekitar 20 buah yang masih ada. Dari jumlah itu, hanya dua atau tiga buah yang dikoleksi seseorang secara pribadi dan sisanya tersebar di berbagai museum di seluruh dunia.

Selain topi, sepasang stoking, syal dan kemeja Napoleon ikut dilelang. Napoleon juga mewariskan surat-surat dan dokumen terkait dunia militer. Keluarga Grimaldi yang memiliki sejumlah koleksi Napoleon memilih menjualnya untuk membangun museum baru.

”Ini adalah koleksi yang sangat terkenal,” kata Thierry Lentz, Direktur Yayasan Napoleon, kepada AFP, Senin (17/11/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2882 seconds (0.1#10.140)