Atasi 'Agresi' Israel di al-Aqsa, Ini Langkah Abbas

Minggu, 19 Oktober 2014 - 15:31 WIB
Atasi Agresi Israel di al-Aqsa, Ini Langkah Abbas
Atasi 'Agresi' Israel di al-Aqsa, Ini Langkah Abbas
A A A
YERUSALEM - Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, akan menempuh langkah-langkah hukum internasional untuk mengatasi ”agresi” Israel terhadap situs masjid al-Aqsa di Yerusalem.

”Para pemimpin Palestina akan mengambil langkah-langkah hukum yang diperlukan di tingkat internasional terkait agresi pemukim Israel di Masjid Al-Aqsa,” kata Abbas dalam pidatonya di Dewan Revolusioner Fatah.

“Kami tidak akan membiarkan pemukim (Israel) menyerang masjid (al-Aqsa),” lanjut Abbas, seperti dikutip Russia Today, Minggu (19/10/2014).

Komentar Abbas itu menyusul seruan pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, kepada seluruh rakyat Palestina untuk melawan Israel dan mempertahankan masjid al-Aqsa.

”Kami menyerukan kepada semua orang-orang kami di dalam negeri untuk bergegas ke Al-Aqsa untuk mempertahankannya," kata Meshaal dalam sebuah pernyataan dari Doha, Qatar, tempat dia mengasingkan diri.

Rakyat Palestina dan polisi Israel pada Jumat lalu terlibat bentrok di sekitar masjid al-Aqsa setelah Israel melarang warga Muslim Palestina di bawah usia 50 tahun masuk ke masjid.

Tindakan aparat keamanan Israel membuat marah rakyat Palestina. Karena, mereka memberikan akses bagi warga Yahudi Israel mengakses situs suci al-Aqsa meski tidak sampai masuk kemasjid.

Abbas mengatakan bahwa kehadiran warga Yahudi telah menodai situs al-Aqsa. Dia berjanji untuk melarang pemukim Yahudi Israel memasuki kompleks Al-Aqsa dengan cara apapun.

”Ini adalah tempat suci kami. (Masjid) al-Aqsa adalah milik kita. Mereka tidak punya hak untuk pergi ke sana dan menodai situs itu, “ kata Abbas yang diberitakan Radio Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6722 seconds (0.1#10.140)
pixels