Mantan Diktaktor Haiti Tutup Usia

Minggu, 05 Oktober 2014 - 14:55 WIB
Mantan Diktaktor Haiti Tutup Usia
Mantan Diktaktor Haiti Tutup Usia
A A A
PORT-AU-PRINCE - Mantan presiden Haiti, Jean-Claude Duvalier dikabarkan telah meninggal dunia pada usia 63 tahun. Dirinya dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung; semalam.

Melansir VOA, Minggu (5/10/2014), kepastian akan meninggalnya Duvalier disampaikan oleh pengacaranya, Menurut pengacara Duvalier, mantan diktator Haiti tersebut meninggal di rumahnya di Port-au-Prince, dan membenarkan bahwa kematiannya disebabkan oleh serangan jantung.

Duvalier adalah generasi kedua yang memimpin Haiti di keluarganya, setelah sebelumnya sang ayah Francois "Papa Doc" Duvalier juga memimpin negara tersebut. Mengikuti jejak sang ayah, Duvalier turut memerintah Haiti dengan tangan besi.

Dengan bantuan "Tonton Macoutes" milisi, pasukan polisi rahasia yang paling ditakuti dinegara tersebut. Milisi tersebut banyakdisalahkan atas ratusan kematian dan penculikan yang melanda Haiti selama kepemimpinan Duvalier.

Dirinya digulingkan pada tahun 1986, ketika rakyat yang sudah muak melakukan pemberontakan terhadap Duvalier. Dirinya lalu mengasingkan diri ke Prancis, sebelumnya akhirnya kembali ke Haiti pada tahun 2011, dimana ia langsung dibombardir oleh banyak kasus, termasuk salah satunya kasus korupsi yang diduga dia lakukan selama menjabat sebagai presiden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4065 seconds (0.1#10.140)