ISIS Penggal Warga Inggris Alan Henning

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 07:53 WIB
ISIS Penggal Warga Inggris Alan Henning
ISIS Penggal Warga Inggris Alan Henning
A A A
RAQQA - Algojo ISIS telah memenggal leher pekerja bantuan asal Inggris, Alan Henning. Adegan pemenggalan itu, muncul dalam video yang disebarkan kelompok ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah pada Jumat.

Video pemenggalan Alan Henning identik dengan video pemenggalan tiga sandera sebelumnya, yakni jurnalis Amerika Serikat, James Foley dan Steven Sotloff serta pekerja bantuan asal Inggris, David Haine.

Algojo ISIS pemenggal Alan Henning mengenakan pekaian serba hitam dan penutup muka, sedangkan korban mengenakan kaus oranye. Lokasi pemenggalan itu tidak jelas, namun ada dugaan lokasinya di wilayah Suriah utara.

Video pemenggalan Henning pertama kali ditemukan situs pemantau kelompok teroris SITE. Video pemenggalan dirilis setelah parlemen Inggris pekan lalu menyetujui serangan udara militer Inggris terhadap basis ISIS di Irak.

Dalam video itu, Henning berlutut dengan latar belakang padang pasir, yang di dekatnya ada algojo ISIS yang memegang pisau. Di hadapan kamera, Henning menyampaikan pesan bahwa kematiannya untuk menebus langkah perlemen Inggris yang menyetujui serangan udara di Irak.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, menegaskan, pemenggalan terhadap warganya merupakan pembunuhan brutal. Dia bersumpah untuk menyeret pelakunya ke pengadilan.

”Pembunuhan brutal terhadap Alan Henning oleh ISIS menunjukkan betapa barbar dan menjijikkannya teroris ini,” kata Cameron dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya di Downing Street, seperti dikutip AP, Sabtu (4/10/2014).

”Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memburu para pembunuh itu dan membawa mereka ke pengadilan,” lanjut Cameron.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4845 seconds (0.1#10.140)