Negosiasi Damai Israel-Palestina Kembali Bergulir

Rabu, 24 September 2014 - 12:34 WIB
Negosiasi Damai Israel-Palestina...
Negosiasi Damai Israel-Palestina Kembali Bergulir
A A A
KAIRO - Negosiasi damai tidak langsung antara Israel dan Palestina akhirnya akan kembali bergulir pada Rabu (24/9/2014) pagi waktu setempat di Kairo, Mesir. Negosiasi ini terjadi satu bulan setelah gencatan senjata antara Israel dan Palestina berhasil disepakati.

Negosiasi ini hampir saja batal, setelah Israel melakukan operasi militer di wilayah Hebron, yang menewaskan dua orang warga Palestina. Melansir Al Arabiya, negosiator Palestina di Kairo geram akan tindakan ofensif Israel tersebut.

Negosiator senior Hamas, Ezzat al-Rishq mengatakan, pihaknya sudah bertolak menuju markas besar Dinas Intelijen Mesir saat mendengar kabar penembakan itu. Media setempat melaporkan, negosiasi itu sempat tertunda dua jam, namun pada akhirnya pihak Palestina mau melanjutkan negosiasi damai.

“Negosiasi lanjutan diharapkan akan terjadi paska perayaan Idul Adha, atau pada pekan pertama di bulan Oktober,” ucap seorang pejabat Palestina dalam kondisis anonim. Fokus pembicaraan adalah mengenai penghentian pendudukan di Palestina dan proses rekonstruksi Gaza.

Sebelumnya, negosiasi serupa pernah berlangsung dan ditengahi oleh Amerika Serikat pada awal tahun lalu. Namun, karena adanya rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah, Israel kemudian menyatakan mundur dari negosiasi damai tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)