Update Referendum Skotlandia, 2 Kabupaten Tolak Merdeka

Jum'at, 19 September 2014 - 08:33 WIB
Update Referendum Skotlandia, 2 Kabupaten Tolak Merdeka
Update Referendum Skotlandia, 2 Kabupaten Tolak Merdeka
A A A
GLASGOW - Update hasil referendum Skotlandia mulai terlihat Jumat (19/9/2014), di mana dua kabupaten menolak merdeka dari Inggris.

Referendum kemerdekaan Skotlandia merupakan perisitiwa bersejarah karena baru terjadi setelah 307 tahun Skotlandia bergabung dengan Inggris.

Dari dua kabupaten di Skotlandia yang menolak merdeka itu, salah satunya di Clackmannanshire. Sebanyak 19.036 suara menyatakan “Tidak” atau menolak merdeka dari Inggris. (Baca: Hari Ini, Skotlandia Merdeka atau Gabung Inggris)

Sedangkan sebanya 16.350 suara menyatakan “Ya” atau memilih merdeka. Jumlah pemilih di Clackmannanshire yang memberikan suaranya diperkirakan 88,6%.

Kabupaten lainnya yang sudah terlihat hasilnya adalah di Orkney Islands. Jumlah suara “Tidak” mencapai 10.004 atau 67,2%. Sedangkan suara yang memilih “Ya” atau merdeka sebanyak 4.883 atau 32,8%. Jumlah pemilih di Orkney Islands yang memberikan suaranya, seperti dikutip BBC, diperkirakan sebanyak 83,72%.

Ada sekitar 32 Kabupaten di Skotlandia yang mengikuti referendum kemerdekaan. Hasil referendum secara total, diprediksi akan muncul siang atau sore ini.

Polling telah ditutup. Apa yang menakjubkan, emosional, ini adalah inspirasi demokrasi. Sekarang kita menunggu hasilnya,” kata Nicola Sturgeon, Wakil Pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP).

Sementara itu, massa berkumpul untuk pesta semalam suntuk di Glasgow dan Edinburgh. Pesta dipenuhi bendera biru-putih warna khas Skotlandia. Publik Skotlandia kini harap-harap cemas menanti hasil referendum.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6829 seconds (0.1#10.140)