Iran Sebut Konferensi Anti ISIS Hanya Pencitraan

Minggu, 14 September 2014 - 11:22 WIB
Iran Sebut Konferensi Anti ISIS Hanya Pencitraan
Iran Sebut Konferensi Anti ISIS Hanya Pencitraan
A A A
TEHERAN - Konferensi internasional anti-ISIS yang akan digelar di Paris, Prancis mendapat cibiran dari salah satu rival Barat, yakni Iran. Mereka menganggap konfrensi itu hanyalah sebuah ajang pencitraan semata.

“Kami tidak tertarik mengambil bagian dari sebuah konferensi anti-terorisme yang akan digelar di Paris ini. Konferensi ini hanya dihadiri oleh beberapa tamu yang dipilih secara selektif, dan hanya untuk ajang pencitraan,” ucap Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian.

Melansir Al Arabiya, Minggu (14/9/2014), Iran menyatakan, ada hal yang lebih menarik dan lebih berguna bagi mereka, selain hanya berkumpul dan berbicang mengenai kontra terorisme melawan ISIS. “Yang menarik perhatian Iran adalah, aksi langsung melawan ISIS, di seluruh kawasan dan dunia, bukan dengan membuat pertemuan terbatas,” jelas Hossein.

Ini bukan pertama kalinya Iran mencibir tindakan dunia Barat dalam membuat kebijakan melawan ISIS. Sebelumnya, mereka juga mempertanyakan ketulusan koalisi internasional melawan ISIS. Pasalnya menurut Iran, terdapat beberapa negara yang mungkin merupakan donatur kelompok radikal itu, namun mereka enggan menyebutkan nama negaranya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry mengungkapkan alasan mengapa Iran tidak diundang dalam pertemuan tersebut. “Iran terlibat dalam beberapa masalah di Timur Tengah, seperti mendukung pemerintahan Suriah saat ini,” ucap Kerry.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)