PM Malaysia: MH17 Diduga Ditembak Rudal dari Darat

Selasa, 09 September 2014 - 19:57 WIB
PM Malaysia: MH17 Diduga Ditembak Rudal dari Darat
PM Malaysia: MH17 Diduga Ditembak Rudal dari Darat
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, mengatakan, laporan investigasi mengarah pada dugaan bahwa pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak dengan rudal dari darat.

Najib minta penyelidikan harus dilanjutkan untuk mengetahui detail kronologi dari tragedi pesawat yang menewaskan 295 orang, termasuk warga Indonesia. Pernyataan Najib yang dilansir Selasa (9/9/2014) itu mengutip dari laporan awal investigasi jatuhnya pesawat MH17 di Donetsk, Ukraina timur.

Badan Keselamatan Belanda, yang memimpin penyelidikan dan tim koordinasi penyidik internasional, hari ini telah melaporkan hasil invesigasi awal.

Salahnya satu hasilnya menyatakan, pesawat MH17 tipe Boeing 777-200 yang dioperasikan oleh Malaysia Airlines meledak di udara yang mungkin akibat dari benda besar berenergi tinggi yang menembus pesawat dari luar. (Baca: Separatis: Kami Tak Punya Perlengkapan untuk Jatuhkan MH17)

Menurut laporan itu, semua data yang dikumpulkan dari perekam kokpit, perekam data penerbangan dan pengontrol lalu lintas udara menyatakan, pesawat itu terbang normal sampai pukul 04.20 waktu setempat, yang kemudian tiba-tiba hilang.

“Dari rekaman komunikasi di antara anggota kru di kokpit, menunjukkan tidak ada tanda-tanda kesalahan teknis apapun atau adanya situasi darurat,” bunyi laporan itu, seperti dikutip Reuters.

Ketua Dewan Keselamatan Belanda, Tjibbe Joustra, mengatakan, temuan dari tim investigasi itu secara resmi akan diterbitkan pada pertengahan Juli tahun depan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3697 seconds (0.1#10.140)