AS Bunuh Pemimpin Al Shabaab Somalia

Sabtu, 06 September 2014 - 09:16 WIB
AS Bunuh Pemimpin Al Shabaab Somalia
AS Bunuh Pemimpin Al Shabaab Somalia
A A A
WASHINGTON - Pentagon Amerika Serikat (AS), mengkonfimasi bahwa AS melalui serangan militer telah membunuh Ahmed Abdi Godane, pemimpin kelompok al-Shabaab di Somalia.

Menurut Pentagon, kematian pemimpin al-Shabaab itu menjadi kerugian besar bagi kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda tersebut.

”Kami telah memastikan bahwa Ahmed Godane, koordinator pendiri al-Shabaab, telah dibunuh,” kata juru bicara Pentagon, Laksamana John Kirby, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Sabtu (6/9/2014).

Sejak mengambil alih kepemimpinan al Shabaab pada tahun 2008, Godane telah membenihi kelompok itu sebagai organisasi global dalam jaringan al-Qaeda. Kelompok al-Shabaab dianggap sebagai pelaku rangkaian pemboman dan serangan bom bunuh diri di Somalia dan wilayah lain.

Kelompok ini pernah menghebohkan dunia, ketika melakukan serangan terhadap mall Westage di Nairobi, Kenya pada 21 September 2013. Serangan itu menewaskan 67 orang.

Godane mengaku bertanggung jawab atas serangan di mall Westgate. Menurutnya, serangan itu sebagai aksi balas dendam atas keterlibatan Kenya dan negara-negara Barat dalam politik di Somalia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6169 seconds (0.1#10.140)