Korut Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Senin, 01 September 2014 - 14:58 WIB
Korut Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang
Korut Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang
A A A
PYONGYANG - Korea Utara telah menembakkan rudal balistik ke Laut Jepang. Demikian laporan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, Senin (1/9/2014) mengutip pernyataan Kepala Staf Gabungan Militer Korsel.

Jenis rudal belum dipastikan. Menurut militer Korsel, penembakan rudal balistik jarak pendek Korut berlangsung pada pukul 10.30 waktu setempat. “Rudal itu melesat hingga jarak 220 km dan jatuh di Laut Jepang,” tulis media Korsel tersebut.

Militer Korsel mencatat bahwa setiap kali Korsel melakukan uji coba rudal, pihak Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un tidak peranh menyebut Laut Jepang sebagai sasaran.

Pyongyang juga tidak menyatakan bahwa wilayah Laut Jepang ditutup untuk penerbangan dan pelayaran sipil. Selain itu, militer Korsel juga menunjukkan fakta bahwa rudal itu diluncurkan dari wilayah Provinsi Chagang utara, Korut, yang berbatasan dengan China.

Sejak awal tahun ini, Korut tercatat sudah melakukan uji coba 18 rudal balistik jarak pendek. Manuver Korut itu kerap diprotes Korsel, dan PBB. Terlebih, PBB telah menjatuhkan embargo senjata terhadap Korut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6431 seconds (0.1#10.140)