Separatis Tembak Jatuh Pesawat Tempur Ukraina

Kamis, 21 Agustus 2014 - 11:10 WIB
Separatis Tembak Jatuh Pesawat Tempur Ukraina
Separatis Tembak Jatuh Pesawat Tempur Ukraina
A A A
LUHANSK - Separatis pro-Rusia di wilayah Luhansk, Ukraina timur telah menembak jatuh pesawat tempur militer Ukraina. Pesawat tempur yang ditembak separatis adalah pesawat tempur jenis Su-25.

Nasib pilot pesawat itu tidak diketahui. Insiden itu telah dikonfirmasi Dewan Pertahanan Ukraina, Kamis (21/8/2014). Insiden penembakan pesawat tempur Su-25 terjadi Rabu sore.

”Sebuah pesawat Su-25 pesawat ditembak jatuh saat menjalankan misi tempur. Nasib pilot pesawat tidak diketahui,” kata juru bicara Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina, Andrei Lysenko dalam sebuah wawancara dengan 112 stasiun televisi Ukraina, yang dikutip Itar-Tass.

Sebelumnya milisi Republik Rakyat Luhansk yang pernah memproklamirkan kemerdekaan Luhansk, Ukraina menyatakan, bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat tempur Ukraina yang menyerang Luhansk. Para milisi juga mencari pilot pesawat tersebut untuk memastikan nasibnya.

Krisis di Ukraina timur yang sudah berlangsung sejak pemerintahan baru Ukraina terbentuk hingga kini belum reda. Pertempuran antara militer Ukraina dengan pasukan separatis terus terjadi di berbagai wilayah di Ukraina timur.

Konflik itu bahkan berakibat fatal, setelah pesawat Malaysia Airlines MH17 yang melintas di wilayah udara Donetsk, Ukraina timur ditembak jatuh. Ratusan orang di dalam pesawat, termasuk beberapa di antaranya warga Indonesia tewas.

Separatis pro-Rusia di Donetsk, dituduh berbagai pihak terutama Ukraina dan Amerika Serikat sebagai pelaku penembak pesawat MH17 dengan rudal Buk.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5310 seconds (0.1#10.140)