ISIS Penggal Leher Jurnalis Amerika

Rabu, 20 Agustus 2014 - 10:31 WIB
ISIS Penggal Leher Jurnalis Amerika
ISIS Penggal Leher Jurnalis Amerika
A A A
RAQA - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merilis sebuah video horor pada Selasa. Dalam video itu, militan ISIS memenggal jurnalis Amerika Serikat (AS), James Foley.

Jurnalis AS itu dilaporkan hilang dua tahun lalu di Suriah. Dalam video tersebut, militan ISIS mengancam akan memenggal lebih banyak lagi warga AS, jika militer AS terus meluncurkan serangan udara terhadap mereka.

Dalam video yang belum bisa diverifikasi secara independen itu, seorang pria bertopeng memenggal leher Foley dengan pisau. Video itu muncul, beberapa saat setelah Presiden AS, Barack Obama, mengumumkan, bahwa dia akan terus meluncurkan serangan udara di Irak untuk membantu pasukan Irak dan Kurdi memerangi ISIS.

Militan ISIS juga mengancam akan mengekekusi warga AS lainnya, yang gambarnya ditunjukkan dalam kamera. Warga AS yang terancam jadi target eksekusi ISIS selanjutnya, diduga kuat seorang wartawan AS yang bernama Steven Joel Sotloff. Dia dilaporkan hilang pada pertengahan 2013.

Foley, betugas meliput di Timur Tengah sejak lima tahun lalu. Dia kemudian hilang diculik orang tidak dikenal pada 22 November 2012.

Sebuah akun Twitter yang mewakili keluarga Foley, masih belum yakin jika jurnalis AS yang dipenggal ISIS adalah kerabat mereka. ”Kita tahu bahwa banyak dari Anda sedang mencari konfirmasi atau jawaban. Harap bersabar sampai kita semua memiliki informasi lebih lanjut, dan mendokan Foley,” bunyi tweet dari pihak keluarga Foley, seperti dikutip Reuters, Rabu (20/8/2014).

Video horor itu berjudul “Pesan kepada Amerika”. ”Saya meminta teman-teman, keluarga dan orang-orang terkasih untuk bangkit melawan penjahat yang sebenarnya, pemerintah AS,” kata pria berpakaian oranye itu sebelum dieksekusi yang diklaim ISIS bernama Foley.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6641 seconds (0.1#10.140)